Ahli Keamanan Siber Ungkap Cara Kerja ‘Ikea’ Tipu-tipu

Ahli Keamanan Siber Ungkap Cara Kerja ‘Ikea’ Tipu-tipu

172jk.com – Security Technical Consultant Prosperita ESET Indonesia Yudhi Kokoh menjelaskan ada banyak warga sebagai korban penipuan lewat tautan (link) phising. Ini berlangsung karena warga tidak memerhatikan alamat situs tipu-tipu, seperti masalah iklan scam yang mengatasnamakan toko furniture Ikea.

“Yang pastinya jika situs blogspot itu tidak dapat diakui, contoh click satu diantara situs e-commerce lalu mendadak di-direct ke blogspot. Itu tidak benar,” kata Yudhi pada mass media di Harris Kafe, Jakarta, Rabu (15/5).

“Kan yang paling akhir ramai masalah Ikea di Instagram, itu masalah phising. Warga tidak lihat domain Ikea itu.”

Sesudah kuasai alamat surel penjual, aktor akan masukkan beberapa barang yang dicari konsumen setia. Di lain sisi, konsumen setia tidak cermat dengan alamat situs hingga membuat konsumen setia gampang bertransaksi lewat link phising itu.

Yudhi mengutarakan keraguan lain dari masalah penipuan link phising ini yaitu skema komunikasi yang dikerjakan penjual dengan konsumen. Berlainan dengan yang dikerjakan oleh toko sah, Ikea.

Baca Juga : Viral, TKW diikat ke Pohon dan Kering oleh Majikan Kaya di Arab Saudi

“Jika kita order di e-commerce mana juga semua data konsumen setia tentu berada di penjual untuk lakukan komunikasi. Yang dikerjakan aktor ini berkomunikasi lewat WhatsApp,” sambungnya.

Menurut dia, skema komunikasi langsung di antara penjual yang mengatasnamakan penjual bukan jadi tanggung jawab perusahaan e-commerce itu.

Yudhi memberikan tambahan, sekarang ini perusahaan e-commerce di Indonesia sudah menyarankan beberapa pelanggannya tidak untuk lakukan komunikasi dengan pribadi pada penjual.

“Di semua e-commerce kan telah diimbau jangan sampai komunikasi langsung, jangan sampai transfer langsung ke nomer rekening seller. Semua e-commerce telah menyarankan, hal yang ini kita harus aware ,” ujarnya.

Mereka bahkan juga menipu dengan membuat situs yang serupa dengan situs Ikea. Tetapi, ada banyak hal yang ganjil dari situs itu. Pertama dari URL atau alamat situs www.ikea-id.com sesaat alamat situs asli ialah www.ikea.co.id.

Diluar itu, situs palsu itu direncanakan spesial untuk pemakai hp hingga penampilan situs akan amburadul saat dibuka di laptop. Adrianus bahkan juga memeriksa ke situs hosting untuk temukan kapan alamat www.ikea-id.com dibikin. Didapati alamat itu baru didaftarkan 7 Maret 2019.