Fakta Tersembunyi Film Titanic

Fakta Tersembunyi Film Titanic

Fakta Tersembunyi Film Titanic

172jk.com – Masih ingat dengan film Titanic? Film yang dirilis tahun 1997 ini langsung mencuri perhatian dunia karena sejumlah penghargaan yang diraih. Film garapan James Cameron ini dibintang oleh Kate Winslet dan Leonardo DiCaprio.

Sejarah juga mencatat kisah kelam tragedi tenggelamnya kapal Titanic yang menjadi sumber utama inspirasi film ini. Jumlah korbannya sendiri mencapai 1.514 jiwa dan menorehkan cerita mengerikan sepanjang sejarah.

Film ini diproduksi dengan dana yang sangat besar, dan kabarnya, sang sutradara merelakan gajinya dipotong demi lancarnya produksi. Selain itu, ada 15 fakta lain yang bakal membuatmu penasaran dan ingin menontonnya kembali. Yuk, disimak!

“I’m the king of the world!”. Ingat adegan ini sewaktu Jack berteriak kegirangan bersama temannya? Faktanya, kalimat ini tidak pernah tercatat dalam nashkan. Leo sebenarnya sedang berimprovisasi.

Kabarnya, kejadian tenggelamnya kapal digambarkan secara detail sesuai peristiwa sebenarnya. Hal ini membuktikan riset mendalam tim produksi Film yang dipimpin James Cameron selaku sutradara.

Sewaktu film ini diproduksi, yang memerankan Rose sebenarnya berusia 87 tahun. Tapi ia dirias supaya nampak berusia 101 tahun. Uniknya lagi, ia adalah satu-satunya orang yang sudah lahir saat bencana Titanic terjadi.

Baca Juga : Viral Pernikahan Dibatalkan Suami, Istri Meronta-ronta Ikut Kekasih, Endingnya Diboyong Polisi

Ya, pada awalnya, tidak ada yang mengira bahwa film ini bakal sukses dan bahkan berpengaruh bertahun-tahun berikutnya.

Ingat adegan waktu Jack pertama ketemu Rose di haluan kapal? Nah, dalam adegan itu, ia mengisahkan pengalamannya sewaktu terjatuh ke air dingin ketika memancing. Ia menggambarkan rasanya seperti “Ditusuk dengan seribu pisau”.

Kalimat itu ternyata diambil dari kutipan sebenarnya dari salah satu korban Titanic yang mengilustrasikan seperti apa dinginnya suhu air Atlantik Utara.

Di film ini, ada lebih dari 150 pemain figuran yang masing-masing menggunakan nama yang sesuai dengan para penumpang asli sewaktu kapal ini mengalami bencana. Wow.

Selain itu, para pemain figuran itu wajib mengikuti kursus yang berlangsung selama 3 jam demi mempelajari gerak-gerik dan kebiasaan orang-orang yang hidup di tahun 1912.

Ya, adegan ini sangat mengharukan. Faktanya, pasangan kakek nenek ini ternyata benar-benar ada dan termasuk korban yang tidak terselamatkan. Mereka adalah Ida dan Isidor Straus. Awalnya, mereka sempat ditawari sekoci untuk menyelamatkan diri.

Tapi, pasangan ini menolak dan justru meminta kepada tim penolong supaya mendahulukan penumpang anak-anak dan yang lebih muda. Pasangan ini akhirnya tewas tenggelam bersama Titanic.

Dalam film ini, Kate Winslet dituntut untuk tampil telanjang di hadapan Leo. Demi mengatasi rasa canggung, beberapa Kate mengingatkan Leo bahwa ia akan telanjang di depannya.

Faktanya, gaun yang dikenakan Kate Winslet tidaklah basah. Busana ini didesain oleh Deborah Lynn Scott yang sudah menyiapkan 24 gaun sifon khusus bagi Kate.

Sewaktu Jack berkata “Berbaringlah di kasur, uh…maksudku sofa”, sebenarnya kalimat itu tidak ada di naskah. Kalimat yang seharusnya diucapkan justru lebih singkat, yakni “Berbaringlah di sofa.”

Banyak yang mengira bahwa nama Jack Dawson itu fiktif alias murni karangan sutradara. Faktanya, ada salah satu korban tenggelamnya kapal Titanic yang memiliki nama itu. Ia adalah penumpang bernama J. Dawson.

Sebenarnya, nama lengkapnya adalah Jusuf Dawson yang merupakan seorang seniman dari Irlandia. Jasadnya dikebumikan di Fairview Lawn, Nova Scotia, bersama dengan korban-korban Titanic lainnya.

Leo punya seekor kadal peliharaan. Selama proses syuting, ia ternyata juga membawa kadalnya. Nah, kadal kesayangannya yang bernama Blizz ternyata sempat mengalami cedera.

Adegan dahsyat ini harus dilakukan sekali dan wajib sukses karena interiornya langsung ambrol dan rusak sekali pengambilan gambar.

Coba perhatikan apa yang sedang dilihat Rose saat ia menatap ke langit menunggu datangnya kapal penyelamat. Ya, bintang-bintang di langit ternyata membentu gugusan Heart of Ocean.

Beginilah situasi asli di balik adegan romantis Jack dan Rose saat di atas geladak menatap senja..

Ya.. Itulah 15 fakta di balik pembuatan film Titanic. Bukan hanya filmnya yang seru, tapi ternyata banyak hal unik selama proses produksi film ini.