Lieus Sungkharisma: Saya Diborgol, Diangkat Kayak Ogoh-ogoh

Lieus Sungkharisma: Saya Diborgol, Diangkat Kayak Ogoh-ogoh

172jk.com – Aktivis Lieus Sungkharisma diamankan penyidik Polda Metro Jaya, Senin (20/5). Tangan Lieus kelihatan diborgol dengan memakai pengait plastik.

Juru kampanye Tubuh Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi itu memandang perlakuan polisi tidak adil. Dia bahkan juga rasakan seperti ogoh-ogoh.

“Ditahan ya tidak apa-apa, saya sudah turuti saja, walau sebenarnya kan panggilan baru dua. Saya langsung ditarik, saya diangkat seperti ogoh-ogoh ya kan. Jadi tidak adillah berikut,” kata Lieus di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (20/5).

Lieus datang di Polda Metro Jaya jam 10.15 WIB. Dia dikawal oleh tiga penyidik serta langsung dibawa ke Ditreskrimum Polda Metro Jaya.

Baca Juga : Prabowo Akan Dipimpin Aksi 22 Mei

Dia memandang penangkapan dianya adalah sisi dari perjuangan. Lieus menjelaskan hal itu tidak membuat takut.

“Dugaannya makar. Diborgol nih. Tidak apa-apa sich untuk saya, ini namanya perjuangan. Tidak akan membuat takut rakyat, rakyat selalu berusaha bukan lantaran di panggil selalu diamankan,” kata Lieus yang pada Pemilihan presiden 2014 adalah simpatisan Jokowi ini.

Lieus diamankan dengan sangkaan makar. Masalah itu adalah pelimpahan dari Bareskrim Mabes Polri. Laporan makar yang diberi pada Lieus sama juga dengan yang menangkap Kivlan Zein. Kedua-duanya diadukan pada 7 Mei 2019 oleh seseorang masyarakat bernama Jalaludin berkaitan sangkaan makar.

Awalnya Lieus mangkir dari dua panggilan kontrol di Bareskrim Polri. Panggilan pertama pada 14 Mei 2019, sedang panggilan ke-2 direncanakan 17 Mei 2019.

“Terkait permasalahan laporannya itu Masalah 14, UU 1946, Masalah 87, 107 KUHP. Penyidik kelak dengan tehnis kelak akan menggali berdasar pada satu bukti hukum sesuai dengan laporan,” tutur Karopenmas Mabes Polri Brigjen Dedi Prasetyo, di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (13/5).