Secara Langsung Mengumumkan Hasil Rekapitulasi Pemilihan Presiden, KPU Menyangkal Tindakan Menghindari 22 Mei

Secara Langsung Mengumumkan Hasil Rekapitulasi Pemilihan Presiden, KPU Menyangkal Tindakan Menghindari 22 Mei

172jk.com – Tanpa ada menanti 22 Mei jadi tingkatan akhir perhitungan, Komisi Penentuan Umum (KPU) langsung menginformasikan penentuan perhitungan Pemilihan presiden 2019 atau sesudah perhitungan semua propinsi usai dikerjakan.

Ketua KPU, Arief Budiman berkelit bila semua propinsi telah usai direkapitulasi karena itu faksinya memiliki hak untuk menginformasikan hasil perhitungan suara. “Jadi kawan-kawan janganlah salah, yang kita kerjakan malam hari ini ialah penentuan hasil perhitungan perhitungan suara,” tutur Arief di Kantor KPU, Jakarta, Selasa (21/5/2019).

Menurut Arief, lembaganya memberi peluang 3×24 jam buat beberapa pihak yang dikatakan kalah suara untuk ajukan perselisihan ke Mahkamah Konstitusi (MK) dari tanggal 21-24 Mei. Bila dalam tempo itu tidak ada yang mendaftarkan perselisihan ke MK karena itu faksinya akan menginformasikan hasilnya pada 25 mei akan datang.

Baca Juga : Lieus Sungkharisma: Saya Diborgol, Diangkat Kayak Ogoh-ogoh

“Tetapi jika untuk partai akan ada penentuan dipilih serta pencapaian kursi,” tuturnya.

Arief menyanggah pengumuman penentuan perhitungan suara dipercepat pagi hari barusan sebab faksinya menghindarkan tindakan 22 Mei yang diberitakan akan dikerjakan beberapa komponen. Dia berkelit, bila perhitungan telah usai karena itu dapat dipublikasikan penetapannnya dengan cara langsung.

“Bukan dipercepat, memang jika sudah usai yaa usai. Memang ada. Coba kamu lihat langkah kita mengulas barusan. Kan biasa saja. Jika memang sudah usai waktu kita menunda besok. Kan sudah usai,” pungkasnya.